Jumat, 16 Juli 2010

Jawaban Dari Beberapa Keanehan Dalam Sistem Operasi Di Windows

Beberapa waktu lalu saya pernah posting tentang artikel yang berjudul Beberapa Keanehan Dalam Sistem Operasi Windows. Sekarang saya akan memposting tentang jawaban dari beberapa keanehan dalam sistem operasi windows.
Inilah Jawabannya:

1. Keanehan satu yaitu kalian tidak bisa membuat folder dengan nama Con, CON, atau con.

Nah jawabannya di Windows ada Nama Folder dan Special System Variable yang keduanya memiliki tampilan yang sama, maka dari itu ketika kalian membuat folder CON, Con, atau con tidak akan bisa, karena folder tersebut dianggap sudah ada. Hal yang sama juga terjadi ketika kalian membuat folder NUL, COM1, COM2, COM3, LPT1, LPT2, LPT3, COM1 hingga COM9 dan LPT1 hingga LPT9.

2. Keanehan dua yaitu ketika kalian mengetik tulisan "bill fed the goats"(Tanpa tanda petik) di notepad, lalu kalian save dan kalian buka lagi file notepad tadi, maka hasilnya akan aneh.

Nah jawabannya, hal ini juga terjadi ketika kalian mengetik kalimat "this api can break", "this cat can split", "aaaaaaaa aaaaa aaa aaaaa" (Tanpa tanda petik).
Ketika kalimat "
bill fed the goats" disimpan, notepad menyimpan tanpa masalah. Coba kalian ketikan misalnya di wordpad. Nah, masalah baru muncul ketika notepad membuka file itu sendiri. Sebelum membuka file itu notepad berusaha mendeteksi encoding yang digunakan. Ternyata deteksi notepad keliru jika file yang dimaksud mengandung kalimat dengan pola 4-3-3-5 karakter sehingga membentuk kode ASCII tertentu. Akibatnya file yg disimpan dalam encoding ANSI tsb malah dibuka dalam encoding UTF-16.

3. Keanehan tiga yaitu ketika kita mengetik kalimat
"=rand (200,99)" (tanpa tanda petik). Lalu tekan enter. Dan kalian akan melihat banyak sekali kata.

Nah jawabnnya, kenehan ini sering dianggap bug pada Microsoft Office Word, namun sebenarnya hal-hal semacam ini merupakan hal yang lumrah yang dimasukkan oleh programer dalam menguji atau sekedar iseng pada suatu produk. Karena programernya kebanyakan geek, dan gila game, maka muncullah kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” yang berulang pada kode itu. Hal-hal ini disembunyikan dan dapat diakses dengan cara-cara/trik-trik tertentu. Ini disebut “easter egg”. Trik di word itu salah satu easter egg.

rand berarti random

angka (200,99), 200 berarti paragraf, dan 99 berarti 99 kalimat per paragraf.

Coba anda ubah menjadi (1,1) atau angka lainnya, hasilnya akan berbeda.


Nah inilah
jawaban dari beberapa keanehan dalam sistem operasi windows.. Udah gak penasaran kan?
Sumber:http://nur-arianto.blogspot.com

7 comments:

Ferdinand mengatakan...

Wah mantabz.. udah dibahas lagi nie jawaban pertanyaan yg dipost kmaren hhe.....

Semangat N Happy blogging Sob...

Paksi Dirgantara mengatakan...

sip, stiap masalah emang ada penjelasannya

rafli pratama mengatakan...

@Ferdinand: Happu Blogging juga sob..

@Paksi Dirgantara: Iya.. Betul banget sob..

Manchester United Tech mengatakan...

wah, ternyata begitu yah sob..makasih nih udh share...

happy blogging..

Run-D BLoG mengatakan...

Wah dapat jg jawabannya,
Btw,tlng linkku di edit yah ke http://www.soft-games-movies.com soalna link lm sdh ga aktif. Makasi ats krjsmax n mohon konfir balik ke aQ secepatx

Zippy mengatakan...

Wah..saya malah baru tau nih keanehan2 itu.
Udah lama pake windows, tapi baru tau sekarang :D
Thx buat infonya :)

rafli pratama mengatakan...

@Manchester United Tech: Sama-sama

@Run-D Blog: Sudah saya rubah sob

@Zippy: Saya juga baru tau

Posting Komentar

Gimana pendapat kamu tentang artikel ini? Komentar aja disini, tapi yang sopan yah.. Jika sempat saya akan berikan komentar balik bagi kalian yang berkomentar di artikel ini.. Monggo bila berkenan di klik iklannya.. hehe