Minggu, 03 Juli 2011

Google Plus Ingin Saingi Facebook

Beberapa waktu lalu Google, telah mengumumkan fitur terbaru pada mesin pencari mereka yaitu Google+ atau Google Plus. Layanan Google Plus ini sama seperti tombol "Like" pada Facebook, ya Google Plus adalah sebuah tombol untuk memberi suatu "Like" pada suatu situs.
Seperti misalnya, jika seseorang mendapatkan hasil cari yang relevan dan sesuai keinginannya, maka kemungkinan dia akan menekan tombol "+1" pada situs tersebut. Lihat gambar dibawah.

Sudah mengerti tentang Google Plus sekarang? Oke, sekarang mari kita bahas tujuan dan kegunaan dari Google Plus Ini.

Tujuan dibuatnya Google Plus, tak lain dan tak bukan adalah untuk Menyaingi Facebook. Yap, layaknya sebuah tombol "Like" dimana setiap orang yang mempunyai status dengan "Like" yang banyak, pasti orang tersebut akan dipandang baik reputasinya oleh orang lain, begitupun juga dengan Google Plus, semakin banyak orang yang menekan tombol "+1" pada suatu situs, maka situs itu akan dipandang baik oleh Google dan orang lain.
Mungkin dengan adanya Google Plus, blog yang berkuasa tidak hanya blog yang ber-PageRank tinggi, namun blog dengan "+1" terbanyak akan mendapat tempat yang bagus di SERP, mengalahkan blog yang ber-PageRank tinggi.

Kegunaan Google Plus ini selain dapat mendongkrak posisi kita di SERP, juga dapat meminimalisir situs-situs yang menggunakan Auto Generated Content. Karena blog-blog yang AGC tidak akan mendapat "+1" dari visitor, karena visitor tidak mendapat hasil yang relevan dalam pencariannya.
Sejak dulu Google memang sudah ingin memerangi AGC, tetapi mungkin baru sekarang terealisasikan. Semoga dengan adanya Google+ atau Google Plus dapat mencegah banyaknya situs-situs AGC.

0 comments:

Posting Komentar

Gimana pendapat kamu tentang artikel ini? Komentar aja disini, tapi yang sopan yah.. Jika sempat saya akan berikan komentar balik bagi kalian yang berkomentar di artikel ini.. Monggo bila berkenan di klik iklannya.. hehe