Selasa, 22 Juni 2010

Cara Mengamankan Password Kalian

Hari ini adalah malam yang pas untuk bersantai dan ngeblog.. By the way saya udah ga posting berapa minggu sih? Langsung saja deh ke tips Mengamankan Password Kalian..

Mungkin pernah beberapa dari kalian yang akun Facebook, YM, dll anda diketahui passwordnya. Memang sangat gampang password akun kita bisa diketahui kalo kita kurang memperhatikan hal-hal berikut:

1. Gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil. Contoh misalkan saya ingin menulis password rafli, maka tulislah seperti ini=> rAFli. Dengan begitu orang yang ingin menebak-nebak password akun kita akan sangat sulit untuk menebaknya.

2. Gunakan kombinasi angka. Hal ini sama seperti no.1 tadi, misal saya ingin menulis password rafli, maka tulislah seperti ini=> raFLi24

3. Gunakan kombinasi tanda baca. Hal ini juga sama seperti di no.1 dan no.2, jika saya ingin menulis password pratama maka tulislah begini=> Pr@T@Ma24. Lebih baik jika kalian meng-kombinasikan ketiganya.


Lalu kalo masih kebobol juga gimana?? Kalo masih kebobol juga, kemungkinan besar si pembobol tersebut menggunakan keylogger. Apa itu keylogger? Keylogger adalah aplikasi yang mampu merekam ketikan keyboard kita, biasanya si pembobol meng-instal aplikasi ini di komputer si orang yang akan dibobol, lalu ketika dia meminjam komputer si korban dia akan memilih menu view untuk melihat ketikan keyboard kita.

Lalu bagaimana cara menangkalnya? Ketika saya sedang membaca postingan di misterXwebz, ada seseorang yang berkomentar di artikel itu yaitu sobat diptara.com memberikan cara bagaimana cara menagkalnya. Dia berkomentar seperti ini:

Untuk pencurian data password melalui keylogger, saya pernah baca ada trik untuk menangkalnya. Tip dan Triknya sangat sederhana. Katanya keylogger merekam tut-tut keyboardnya kita secara runtut berdasarkan history waktu pengetikkan huruf dan angka yang pernah kita ketikkan di komputer.

Untuk menangkalnya agar dikecoh dengan mengetikkan huruf-huruf secara acak disela-sela kita mengetikkan huruf dan angka password akun kita secara bergantian ke jendela aplikasi yang lain seperti notepad misalnya. Nanti hasil rekam keylogger akan sulit dibaca oleh si pembobolnya.
Artikel saya sudah berakhir sampai disini, semoga password kalian bisa terjaga dengan baik..

7 comments:

Belajar SEO mengatakan...

Tapi apa gak tambah ribet sob?

rafli pratama mengatakan...

Emang sih agak ribet, tapi kalo buat keamanan kenapa tidak?

Ferdinand mengatakan...

Wah klo kombinasi gtu malah ribet Sob...yg ada lupa trus mesti reset pass. klo aku sih cari yg paling aman pass.'y nama someone yg panjangnya minta ampun haha....SemangaT N happy blogging Sob!!!

abangjo mengatakan...

trik unik dan menarik sob....thanks ya...oya tukar link ya...link u dak q masukin cek aja langsung...follow + coment back

abangjo mengatakan...

trik unik dan menarik sob....thanks ya...oya tukar link ya...link u dak q masukin cek aja langsung...follow + coment back

Rizkyzone mengatakan...

kalau aq b iasa kalau b ikin pWD menggunakan komb inasi an gka huruf dan simb ol sob

rafli pratama mengatakan...

Saya juga memakainya kok.. Tapi passwordnya harus diingat baik-baik..

Posting Komentar

Gimana pendapat kamu tentang artikel ini? Komentar aja disini, tapi yang sopan yah.. Jika sempat saya akan berikan komentar balik bagi kalian yang berkomentar di artikel ini.. Monggo bila berkenan di klik iklannya.. hehe