Selasa, 06 Desember 2011

Inilah Penyebab Blackberry Playbook Tidak Laku


Setelah sebelumnya saya memposting tentang RIM yang rugi karena Blackberry Playbook, sekarang saya akan mencoba menganalisa penyebab Blackberry Playbook tidak laku di pasaran.

Memang sejak awal peluncurannya, Tablet PC yang dibuat oleh vendor Research In Motion ini terseok-seok penjualannya. Mereka kalah dari pesaingnya seperti Acer Iconia Tab, atau iPad 2. Hal ini membuat pihak RIM rugi sebanyak 4.3 Triliun karena penjualan Tablet Pc mungil ini tidak sesuai target yang diharapkan.

Memang, untuk pasar Smartphone, Blackberry sekarang sudah menjelma menjadi Handphone High End atau Smartphone kelas atas.
Kita bisa menilik bahwa kebanyakan orang pebisnis memakai Smartphone besutan RIM ini. Tetapi menurut saya, lakunya smartphone blackberry hanya didasari oleh 1 hal saja yaitu adanya Blackberry Messenger. Anda bisa lihat, kebanyakan orang-orang memakai smartphone blackberry hanya untuk BBM-an saja.

Jika melihat dari penjelasan diatas, saya bisa simpulkan bahwa Blackberry Playbook tidak laku karena fitur BBM tidak ditanamkan.
Jelas BBM menjadi awal kekuasaan Blacberry di ranah pasar smartphone global, maka dari itu, saya sedikit terkejut ketika mengetahui bahwa fitur BBM tidak ditanamkan di Blackberry Playbook, dan saya juga sudah memprediksikan hal ini.

Kurangnya aplikasi pihak ketiga juga nampaknya menjadi faktor penghambat penjualan Blackberry Playbook. Disaat Tablet PC lain seperti Acer Iconia Tab dan iPad sudah memiliki banyak aplikasi office maupun hiburan, Blackberry Playbook masih mengandalkan Blackberry Application World sebagai toko aplikasinya. Padahal Blackberry Application World masih minim aplikasi pihak ketiga.
Tetapi nampaknya hal ini tidak begitu menjadi masalah, mengingat Blackberry hanya menonjolkan social networknya saja.

5 comments:

automation mengatakan...

baru tahu toh ini penyebabnya makasih gan :c:

floor scale mengatakan...

penyebabnya parah juga ya hehehe :D

universal testing machine mengatakan...

setuju bbangett deh hehe sayang ane gak punya playbook

Anonim mengatakan...

ooh.. Playbook gak ada BBM-nya toh.. baru tau aku.

Ladida Cafe mengatakan...

playbook masih kalah dgn smartphone BB sndiri, ehehehe..

yaa semoga bisa jadi lebih baik :l:

Posting Komentar

Gimana pendapat kamu tentang artikel ini? Komentar aja disini, tapi yang sopan yah.. Jika sempat saya akan berikan komentar balik bagi kalian yang berkomentar di artikel ini.. Monggo bila berkenan di klik iklannya.. hehe