Selasa, 05 Juli 2011

Review Samsung Galaxy Tab

Setelah kemari saya review Acer Iconia Tab A500 dan IPAD 2, sekarang saya juga mau me-review salah satu Tablet PC buatan Samsung yaitu Samsung Galaxy Tab.
Samsung, nampaknya juga tak mau kalah dengan para kompetitornya seperti Apple, BlackBerry, atau Acer. Hal ini dapat terlihat bahwa beberapa bulan setelah IPAD 1 keluar, Samsung langsung mengeluarkan Tablet PC yang diberi nama Samsung Galaxy Tab.

Banyak dari anda yang masih bingung untuk memilih Tablet PC, apakah anda harus membeli IPAD, Acer Iconia Tab A500, atau Samsung Galaxy Tab, silahkan menyimak review Acer Iconia Tab A500 dan IPAD 2, bila ingin melihat bagaimana perbandingan antara keduanya, dan simak review ini bila anda ingin membeli Samsung Galaxy Tab.
Design
Untuk masalah design, Samsung Galaxy Tab masih kalah dari para pesaingnya yaitu IPAD 2 dan Acer Iconia Tab A500, karena dengan layar "hanya" 7 inch, ini membuat Samsung Galaxy Tab serasa kurang pas bila dijadika sebagai alat kerja, teapi ini membuat Samsung Galaxy Tab semakin mobile bila dibandingkan dengan IPAD 2 atau Acer Iconia Tab A500.
Dan juga, Samsung Galaxy Tab hanya memiliki bobot 380 gram, ini membuat Samsung Galaxy Tab tersa nyaman bila dipegang hanya dengan satu tangan.
Tetapi, dengan layar yang memiliki resolusi 600 x 1024 pixels, rasanya bukan resolusi yang pas untuk tablet yang dibanderol dengan harga 6,5 jt-an.

Camera
Lagi-lagi IPAD 2 harus mengalah kepada 2 pesaingnya yaitu Samsung Galaxy Tab dan Acer Iconia Tab A500, karena kualitas kamera IPAD 2 yang begitu buruk.
Samsung Galaxy Tab mempunyai kamera 3 Megapiksel (MP), LED Flash, dan AutoFocus untuk kamera belakang, dan 1.3 MP untuk kamera depan. Dengan adanya kamera 3MP, anda dapat mengabadikan momen-momen indah dengan kamera tanpa harus khawatir hasilnya akan buruk. Namun untuk masalah kamera, Acer Iconia Tab A500 dapat dikatakan yang terbaik saat ini, karena resolusi kamera-nya yang sudah mencapai 5MP.

Processor
Samsung Galaxy Tab datang dengan prosessor ARM Cortex A8 processor, 1 GHz processor, dan RAM 512MB. Sedangkan para pesaingnya yaitu Acer Iconia Tab A500 dan IPAD 2, sudah memakai processor berbasis dual-core.
Untuk media penyimpanan, Samsung Galaxy Tab menyediakan ruang penyimpanan sebesar 16GB dan 32GB, tetapi masih bisa ditambah dengan slot MicroSD sampai 32GB.

Sistem Operasi
Android OS - v2.2 Froyo menjadi Sistem Operasi (OS) yang dipakai Samsung Galaxy Tab saat ini, berbeda dengan Acer Iconia Tab yang sudah dibanderol dengan Sistem Operasi Android Honeycomb.

Office
Untuk Office, apakah anda merasa nyaman dengan mengerjakan sesuatu pada layar yang hanya 7 inch? Dengan layar yang hanya 7 inch, saya rasa kurang pas untuk mengerjakan sesuatu seperti misalnya membuat spreadsheet untuk presentasi, tetapi kalau hanya untuk membuat artikel, saya rasa sudah cukup pas.
Nama aplikasi Office untuk Android adaah ThinkFree.

Tambahan
Ada sedikit tambahan dari review Samsung Galaxy Tab ini, yaitu jika anda browsing ke situs www.detik.com atau www.kompas.com, anda pasti akan terarah ke situs mobile-nya, bukan ke situs aslinya, ini dikarenakan Samsung Galaxy Tab masih dideteksi sebagai perangkat mobile, bukan Tablet PC.
Ada kelebihan juga dari Samsung Galaxy Tab ini, yakni kalian bisa menghubungi seseorang lewat telpon dari Samsung Galaxy Tab ini. Ini kemudian mencirikan Samsung Galaxy Tab sebagai Tablet PC ter-mobile saat ini.
 
Harga
Dibanderol dengan 6,5 jt-an, membuat Samsung Galaxy Tab sebagai Tablet PC termahal saat ini, padahal kompetitor seperti IPAD 2 dan Acer Iconia Tab A500 memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang Samsung Galaxy Tab ini.

Terakhir
Review ini dibuat hanya sebagai perbandingan antara IPAD 2, Acer Iconia Tab A500, dan Samsung Galaxy Tab. Semua tergantung kepada anda, apakah ingin membeli Samsung Galaxy Tab, IPAD 2, atau Acer Iconia Tab A500, atau mungkin ketiganya?

3 comments:

Ferdinand mengatakan...

Gpp deh biar berat dan gede juga, kan yg dibutuhin Fiturnya haha... :)

lagian klo dibanding Apple aku masih milih Samsung, orang Suku Cadang Produk Apple kebanyakan dari Samsung hihihi.. :)

Jadi iPad versi Murah Dan Open Source ya samsung :)

rafli pratama mengatakan...

justru Samsung Galaxy Tab ringan sob, dan Samsung Galaxy Tab harganya juga lebih mahal, yaitu 6,5jt-an.

Anonim mengatakan...

Thanks Sob n ditunggu reviewnya Samsung Galaxy Tab 2 (10.1")

Posting Komentar

Gimana pendapat kamu tentang artikel ini? Komentar aja disini, tapi yang sopan yah.. Jika sempat saya akan berikan komentar balik bagi kalian yang berkomentar di artikel ini.. Monggo bila berkenan di klik iklannya.. hehe